KARAWANG, TAKtik – Bisa jadi inilah langkah awal Mitsubishi untuk memulai concern bermain di pasar mobil penumpang setelah sekian lama lebih dikenal sebagai produsen mobil niaga di Indonesia.
Apalagi ada pasar gemuk yang ikut dibidik di tengah banyaknya kompetitor yang lebih dulu hadir. Yakni, mobil kelas low MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, hingga Honda Mobilio.
Mitsubishi memang terbilang cukup agresif tatkala hendak turun ke gelanggang kelas mobil ‘seribu ummat’ ini. Produsen mobil berlogo tiga berlian tersebut langsung tancap gas dengan memperkenalkan dulu pra produk massalnya ke publik dengan wujud konsep yang dilabeli XM Concept pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Hingga sang konsep ini dibawa berkeliling ke berbagai pameran otomotif di beberapa daerah di tanah air.
Alhasil, pekan terakhir Juli 2017, wujud produk massal sang XM Concept mulai diperlihatkan Mitsubishi kendati kalangan jurnalis tidak dulu diperkenankan menelisik interior berikut beragam fitur yang disematkan mobil yang kabarnya diberi nama Expander. Bahkan untuk urusan nama saja ada juga yang bilang Xpander. Pihak Mitsubishi kabarnya baru akan membuka semua itu secara resmi di perhelatan GIIAS 2017 mulai tanggal 10 hingga 20 Agustus ini.
Info sementara, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan di mobil produk massal dari XM Concept tersebut. Selain interior lebih lapang dan lebih senyap, serta body lebih bongsor, lebih tinggi ground clearance-nya dibanding mobil sekelasnya, fitur modern era otomotif terkini pun disebut-sebut tersedia tanpa harus menetapkan harga jual di atas kompetitornya. Hal wajar jika Mitsubishi berani membuat langkah maju untuk percaya diri bermain di kelas low MPV.
Kalau tidak menawarkan nilai lebih di tengah pemain lama, bukan mustahil kalangan konsumen mobil di kelas ini tidak terlalu turut bergairah menyambut sang pendatang baru. Apalagi di saat bersamaan produsen otomotif asal Taiwan telah siap pula memasarkan produknya berlabel Wuling Confero S di negeri ini. Walau bakal dijual murah tapi mobilnya itu punya banyak keunggulan fitur yang belum dimiliki mobil sekelasnya dari pabrikan asal Jepang.
Mobil baru dengan keunggulan baru, itulah di antara kunci sukses meraih pasar yang kian kompetitif. Maka jika sekarang Expander atau Xpander, atau mungkin dinamai lain yang tidak terlalu dipersoalkan calon konsumen, terbilang cukup mendapat sambutan luar biasa di kalangan pecinta dan pengamat otomotif tanah air. Selain karena wajah dan body-nya banyak diminati sejak wujud konsepnya diperkenalkan ke publik, kesan mewah pun terpancar tanpa harus membayar lebih mahal untuk dapat meminang dari produk sekelas yang telah ada. (tik)